Sinema Dunia
Just another WordPress.com weblog

Kematian Mendadak di Balik Film GLADIATOR(2000)

Kematian emang gak bisa di prediksi kedatangannya. Dalam dunia film pun demikian. Pernah gak ngebayangin, dalam sebuah produksi film layar lebar, aktor yang memerankan tokoh sentral dalam film tersebut meniggal secara tiba-tiba? Wah, gak kebayang gimana jadinya, yang pasti hal yang kayak gitu bakalan bikin pusing sutradara,penulis skenario ama produsernya. Berikut ulasan tentang salah satu film yang “apes” ngalamin hal tersebut pas proses produksi.
Proses pengambilan gambar film kolosal bersetingkan Romawi kuno garapan sutradara Ridley Scott yang berlokasikan di Malta hanya tersisa lima hari lagi saat Oliver Reed yang memerankan karakter Proximo ini meninggal secara tiba-tiba. Salah satu pemeran tokoh sentral dalam Gladiator yang berbujet US$ 100 juta ini menghembuskan nafasnya yang terakhir dalam usia 61 tahun, saat sedang mengkonsumsi minuman beralkohol, di bar Valletta, saat sela-sela senggang jadwal syuting. Aktor yang sering berperan sebagai “tough guy” ini hamper saja menyelesaikan tugasnya sebagai Proximo; kakek tua beruban mantan gladiator yang melatih Maximus(Russel Crowe) tentang cara bertahan di dunia gladiator.
Dalam naskah aslinya, Proximo merupakan salah satu karakter yang akan bertahan hidup. Namun, setelah kematian Oliver yang mengejutkan, Scott memutuskan untuk merubah skenario yang ada dengan memberikan kisah kematian yang layak untuk dikenang. Lalu, bagaimanakah cara adegan-adegan yang menampilkan Proximo di selesaikan? Berdasarkan pernyataan penulis biografinya; Cliff Goodwin, dua adegan yang direkam sesaat sebelum Oliver meninggal di edit, dan kepala sang aktor ‘ditempelkan’ ke pemeran pengganti. Hal ini dilakukan dengan menggunakan CGI dan Hi-tech Imaging untuk merubah ekspresi wajah serta menambahkan efek bayangan dan keriput di wajah.
Sedangkan untuk beberapa adegan lainnya, gambar yang ditampilkan merupakan kopian dari adegan serupa dengan tambahan efek, seperti dalam adegan di menit 130 yang merupakan pengulangan dari adegan di menit 70. Perbedaan yang terjadi adalah perubahan pakaian yang dikenakan, latar belakang adegan, termasuk kata-kata yang diucapkan. Untuk adegan kematian Proximo, untuk sebuah alasan kebijaksanaan, direkam dari belakang aktor pemeran pengganti dengan tingkat kehati-hatian yang tinggi. Ketika akhirnya dirilis, film ini menyertakan sebuah dedikasi untuk Reed.

Disadur dari : Cinemags 2008

No Responses to “Kematian Mendadak di Balik Film GLADIATOR(2000)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: