Sinema Dunia
Just another WordPress.com weblog

The Killing Fields (1984)

Didasari kisah nyata, Sydney Schanberg (Sam Waterson) adalah koresponden New York Times pada tahun 1970an meliput invasi Kamboja dengan bantuan Dith Pran, jurnalis dan penerjemah lokal. Atas liputannya Sydney dianugerahi Pulitzer.
Rupanya keadaan Kamboja semakin parah dan komunis Khmer Merah yang sadis menguasai Negara sebagai hasil dari perang dengan tentara Kamboja. Schanberg, jurnalis serta warga asing lainnya harus ditahan secara tidak resmi di gedung kedutaan Prancis. Setelah menyelamatkan Sydney dari tentara Khmer Merah, Sydney lalu menawarkan Dith jalan keluar dari Kamboja dengan membuatkan paspor palsu, tapi Dith memutuskan untuk tinggal sementara Sydney bias kabur. Sesudah kembali ke New York, tak ada kabar dari Dith sama sekali. Maka Sydney menulis 400 surat ke berbagai LSM yang terlibat di wilayah itu. Sementara itu Dith harus menderita di bawah rezim komunis yang kejam dan bertanggung jawab membunuh 1 juta orang, siksaan fisik dan batin membuatnya berpikir apakah ia bias bertemu anak istrinya?
John Malkovich sebagai Alan Rockoff mencuri perhatian, seorang fotografer sinis yang juga ingin turut membantu Dith kabur. Selain itu menderitanya rakyat Kamboja di bawah rezim komunis ditampilkan dengan realistis, membuat penonton miris, mengapa sebuah negeri indah bias hancur berantakan hanya oleh sebuah ideologi usang.

Disadur dari : Cinemags 2008

No Responses to “The Killing Fields (1984)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: